Facebook Twitter
Gratis berlangganan artikel seo rpl via mail, join sekarang!

Thursday, October 6, 2016

0
Cara Optimasi SEO On Page

Cara Optimasi SEO Onpage pada blog sebenarnya sangat mudah jika saudara sudah punya pengetahuannya. Berbeda dengan optimasi Offpage, biarpun anda sudah mempunyai pengetahuannya, tetap saja eksekusinya akan sulit dilakukan.

Apa itu optimasi SEO Onpage?
Optimasi SEO atau bisa disebut Search Engine Optimization onpage adalah suatu istilah dari SEO itu sendiri, yang mengacu kepada segala sesuatu yang saudara lakukan pada komponen-komponen sebuah halaman website. Tujuan utama dari optimasi ini adalah memperbaiki faktor SEO onpage agar mesin pencari mendapatkan penekanan kata kunci yang benar dari suatu halaman.

Kenapa optimasi ini harus dilakukan? Supaya mesin pencari tidak bingung saat tiba di halaman-halaman blog saudara. Untuk memudahkan saudara memahaminya kita umpamakan saja seperti ini: ada begitu banyak orang di dalam sebuah lapangan, saudara tidak akan bisa membedakan yang mana orang penting dan yang mana orang biasa jika mereka memakai seragam kan? Nah, oleh karena itu dikembangkan sistem atribut. Siapa yang mengenakan atribut jabatan tertinggi, maka dialah yang terpenting....

Sistem atribut inilah yang dipakai oleh Google untuk menentukan, apa saja penekanan dari sebuah halaman web.... Mungkin sekarang teman-teman bertanya apa saja atribut seo onpage itu?


Atribut Dalam Optimasi SEO Onpage
Perhatikan....berikut ini adalah atribut optimasi onpage yang umumnya digunakan:
  • Title tag
  • Meta Description
  • URL
  • Judul Halaman <h1>
  • Judul Artikel <h2>
  • Sub Judul Dalam Artikel <h3>
  • Cetak tebal/miring <b> atau <i>
  • Jika ada gambar, maka harus ada atribut alt
Sekarang pahami ini. Jika suatu kata tidak mengenakan satupun atribut di atas, maka kata itu tidak penting. Jika suatu kata mengenakan 1-3 atribut di atas, maka kata itu pastilah penting. Jika suatu kata muncul dalam semua atribut di atas, maka sudah pasti kata itulah yang paling penting di halaman itu.... Ibaratnya di lapangan upacara orang ini adalah jenderal besar dengan begitu banyak pangkat melekat di bajunya...

Jadi saya akan coba membahas masalah onpage ini untuk kedua bagian di atas. Sebelum kita mulai silahkan buka halaman web yang akan saudara nilai onpagenya.... Kalau sudah terbuka, tekan CTRL+U untuk membuka kode sumber dari halaman web tersebut....


POIN SEO ONPAGE TERTINGGI <head> ADA DI TITLE TAG
Ini hanya ada di bagian <head>, dan kodenya adalah.... <title>Isi dari title tag</title>

Yang terpenting adalah apa saja yang bisa saudara isikan pada title tag ini. Harap hati-hati dalam mengisi title tag, karena banyak praktisi SEO yang menganggap bahwa title tag adalah atribut onpage yang terpenting. Ibaratnya atribut kerajaan, maka ini adalah mahkotanya....

Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu saudara ketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi.... Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah:
  • JUDUL ARTIKEL saja, atau
  • JUDUL ARTIKEL - NAMA BLOG....
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL.... Kecuali blog saudara sudah punya reputasi selangit, mau bagaimana saja terserah.

META DESCRIPTION
Ini adalah satu-satunya meta yang menjadi fokus saya (meta robots hanya pada kasus duplikat konten saja). Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
  • Panjangnya maksimal 150 karakter.
  • Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali
  • Tentu saja mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal....
Kalau saudara bingung masalah title tag dan meta description, dalam penerapannya di blogspot. Pemegang poin tertinggi di <head> jadi jangan lewatkan optimasi onpage yang satu ini.

URL
URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel. Sebagai contohnya adalah seperti di bawah ini:
http://www.justicia.com/buku/komik/onepiece-episode-56.html

Jadi setiap bagian dengan jelas berisikan kata kunci yang jelas. Sayangnya masih banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL yang tidak jelas seperti di bawah ini.... http://www.contoh.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988

URL seperti di atas tidak mengandung keywords, dan benar-benar menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage.

POIN TINGGI OPTIMASI ONPAGE PADA <body> ADA DI JUDUL HALAMAN <h1>
Judul halaman sudah barang tentu diupayakan mengandung kata kunci yang saudara targetkan, karena bagaimana pun <h1> haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman.
Poin dari <h1> sangat besar di dalam teknik onpage halaman web.



JUDUL ARTIKEL <h2>
Judul artikel kita beri tag h2. Pernah ada yang bertanya apakah nilai onpage tidak berlebih jika judul artikel sama dengan judul halaman? Tentu tidak, karena judul halaman itu h1, dan judul artikel itu h2. Jadi walaupun isinya sama, tapi untuk setiap heading pemunculannya hanya sekali, lagipula selama ini dalam aplikasinya sama sekali tidak ada masalah.


SUB JUDUL DALAM ARTIKEL <h3>
Ini  bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam pembahasan untuk menegaskan relevansi dari pembahasan saudara.
CETAK TEBAL/MIRING
Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi onpage. Tapi tidak perlu semuanya, cukup pemunculan yang pertama saja yang dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca dari halaman tersebut.
ALT TAG
Berhubung Google dkk belum bisa mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik onpage, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
Pelengkap Optimasi SEO Onpage
Kalau semua optimasi SEO onpage di atas sudah anda lakukan, maka ada beberapa tambahan lagi yang perlu saudara perhitungkan....
  • Pastikan konten saudara unik
  • Pastikan juga ada link menuju label
  • Tentunya harus ada link menuju beranda dari blog
  • Ada artikel terkait (related post) berdasarkan label yang bisa dibaca oleh mesin pencari.

Para pengunjung mungkin tidak menemukan produk / layanan yang dia cari. Namun ketika di muter-muter membaca konten lain yang terdapat di dalam blog kita, siapa tahu dia menemukan informasi lain yang bisa jadi dia butuhkan.
Ingat, kata kuncinya adalah “INFORMASI”.
Sehingga perlahan namun pasti, di dalam dirinya akan tumbuh rasa percaya bahwa website kita layak untuk dijadikan rujukan / referensi perihal produk atau layanan yang sedang di cari.
Begitu juga bagi search engine.
Blog merupakan salah satu unsur yang penting supaya website kita memenuhi tujuannya. Jika konten senantiasa kita update, mereka para bot search engine ini akan semakin suka.
Soal bagaimana cara membuat blog, kalau kita menggunakan website WordPress tentunya hal ini akan sangat mudah, ngga perlu pusing-pusing lagi gimana caranya bikin fitur blog. Karena sebagai CMS, WordPress sudah menyediakan fasilitas ini.
Persoalannya sekarang, bagaimanakah kita membuat blog yang disukai oleh mesin pencari?
Cara SEO Website Menggunakan Blog
cara seo website, cara seo blog

Silahkan anda pelajari tentang pembahasan 6 langkah ptimasi seo dibawah ini :
1. Tentukan tema atau topik blog – sebelum blog kita buat, tentukanlah topik utama yang akan kita usung, karena nantinya akan menjadi judul blog yang kemudian dijabarkan menjadi deskripsi blog. Tentunya topik ini juga relevan dengan website kita secara keseluruhan.
2. Riset kata kunci / keyword (KW) – lakukanlah ini dahulu ketika hendak menulis blog, kemudian ada baiknya jangan terlalu ingin mengejar keyword yang potensi trafiknya besar. Mulailah dari yang potensinya kecil, yang penting kita harus memahami prinsip kerjanya. Kalau sudah bisa muncul di hasil pencarian dengan keyword yang ringan, barulah kita tingkatkan dengan menggunakan keyword yang persaingannya berat. Prinsipnya, yang penting bisa muncul di hasil pencarian dulu, pakai keyword yang ringan tidak masalah.
3. Posting yang relevan – dan buatlah konten yang berkualitas. Bikin konten yang unik dan bermanfaat, tapi jangan keluar dari topik utama blog. Lalu buat link antar halaman, jadi antar halaman saling mempromosikan. Kalau banyak halaman yang dibaca pengunjung maka blog dianggap berkualitas.
4. Persiapkan SEO ONPAGE – contohnya seperti mengoptimalkan penggunaan kata kunci di bagian Meta Title, Meta Deskripsi, dst, sesuai hasil analisa keyword.
5. Indexing – sambil menunggu postingan Anda masuk di Google, Anda bisa share ke social media supaya postingan tersebut lebih cepat terindex oleh Google.
6. Lakukan SEO OFFPAGE – contohnya bisa menggunakan pola backlink commenting, backlink wheel / piramida, submit ke social bookmark, dst.

Nah, setelah Anda membaca ulasan di atas, kini semua kembali pada Anda. Jika Anda ingin belajar sendiri, Anda bisa belajar menerapkan langkah - langkah SEO di atas dengan baik. Semoga bisa berhasil  dalam peng optimasi seo yang akan anda pelajari.
Mulailah dengan membuat postingan yang relevan dan sering-sering berlatih meriset keyword. Karena ini memang penting untuk dilakukan.

Baiklah, semoga tips langkah-langkah Cara Optimasi SEO On Page dapat berguna buat saudara. Mungkin itu saja dulu. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu saudara dalam membangun website atau blog yang memiliki SEO onpage yang baik.

Go Go Go →

Wednesday, June 15, 2016

1
Cara Setting Mikrotik di Virtualbox Dengan Winbox

Pada kali ini penulis akan membagikan sedikit informasi pada pengunjung setia blog seo-rpl dengan judul Cara Setting Mikrotik di Virtualbox Dengan Winbox. Disini penulis akan membagi informasi tips dan trik untuk setting lengkap dengan gambaragar pengunjung dapat lebih mudah untuk mempelajarinya.

Langsung saja kita mulai untuk membahas mengenai Cara Setting Mikrotik di Virtualbox Dengan Winbox yang mudah-mudahan bermanfaat pengunjung yang membaca artikel ini.
1. Pertama - tama, tentukan nama OS dan Version yang kita ingin install. Linux ataupun apa saja terserah kok, tapi disini penulis memilih untuk membuat Other keduanya.
1
2. Tentukan memori yang ingin agan gunakan. Disini penulis memiilih Default. Pilih 128 atau 512. Itu sih semua tergantung agan.
2
3. Pilih Create New Harddisk untuk buat baru, tapi jika ada file VDI nya jangan pilih Create tapi pilih Use saja.
3
4. Setelah selesai , selanjutnya kita setting Network. Karena disini penulis memakai 2 ethernet, maka disini penulis di ether1 menggunakan bridge adapter. 
Kenapa bukan NAT ? karena kita ingin membuat IP kita sendiri sesuai dengan kemauan kita di Virtual Box.
4
5. Di Ethernet 2 kita setting Internal Network.
Kenapa Harus Internal Network? karena IP yang kita gunakan nantinya tidak akan mudah konflik dengan komputer lain yang berada dalam satu jaringan dengan kita.
5
6. Sekarang di Storage kita setting untuk menambahkan ISO dengan memilih Gambar “CD” di kanan atas. Pilih dimana kita menaruh ISO dari Mikrotik. Jika sudah ketemu, maka akan seperti daerah yang berwarna biru yg ada di bawah.
6
7. Pilih Start untuk tujuan utama kita, Setting Dasar Mikrotik.
7
8. Muncul tampilan login seperti gambar dibawah, Username = Admin dan Password = (kosong) . Maksudnya username login kita isi "admin" dan Password kita kosongkan saja. Lalu enter.
13
9. Selanjutnya, tekan tombol “a”  di keyboard untuk memilih semua aplikasi yang kita ingin gunakan.
8
10. Lalu tekan huruf “i” untuk memulai konfigurasi. Akan muncul tampilan seperti ini.
10
11. Tekan enter untuk me-reboot.:)
11
12. Akan tampil seperti awal mula pertama kali menginstall, Lalu Pilih Devices selanjutnya hilangkan tanda centang pada ISO Mikrotik yang tadi kita tambahkan sebelumnya.
12
13. Disini kita konfigurasi Dasar Mikrotik, ketik perintah ini untuk menambahkan IP Address yang kita inginkan. Disini penulis menambahkan IP untuk ethernet 1
14
14. Selanjutnya di ethernet 2 kita ketikkan perintah ini untuk menambah IP. Ini penulis akan menambahkan IP yang berbeda kelas dengan IP yang pertama tadi di ethernet 1.
15
15. Sekarang kita lihat apakah IP yang kita setting tadi sudah ada atau belum dengan mengetikkan perintah ip address print
16
16. Setelah IP address, lalu penulis mencoba menambahkan IP gateway yaitu denga perintah seperti pada gambar di bawah.
17
17. IP  DNS, selanjutnya setting IP DNS dengan perintah sebagai berikut. Terserah kita sebagai Admin yang ingin menggunakan IP kelas berapa.
18
18. Setelah itu, kita lakukan NAT MASQUERADE sebagai jembatan antara IP ethernet 1 dengan IP ethernet 2 dengan perintah seperti pada gambar dibawah. Agar berfungsi ethernet 1 dengan ethernet 2 yang berbeda kelas IP tersebut dapat berkomunikasi.
19
19. Sekarang kita pindah buka WinBox, install WinBox lalu akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut, kemudian kita tuliskan IP ether1 yang kita tuju, setelah itu Connect. Disini nantinya yang akan kita gunakan untuk membuat Hotspot.
20
20. Berikutnya akan tampil tampilan License dari WinBox. Setelah itu pilih OK untuk menyetujuinya .
21
21. Langkah pertama untuk setting di WinBox adalah ke menu “ip” lalu pilih hotspot .
22
22. Lalu pilih hotspot setup kemudian akan muncul tampilan berikut ini. Pilih Ethernet 1 sebagai Eth1 yang akan kita gunakan sebagai Hotspot
23
23. Berikutnya, Akan tampil tampilan Address dari Hotspot Network yang akan kita gunakan nanti. Karena IP yang terhubung dengan Internet itu Ip eth1 maka penulis pilih Default saja, yaudah kalo defalut mah langsung Next saja :)
24
24. Searang tentukan Address Poolnya aau Range ddress dari Hotspot yang ingin kita buat nantinya. Jika Poolnya masih 2, nah kita rubah menjadi 1 saja karena penulis pernah mencoba jika 2 pool diaktifkan maka tidak akan bisa connect ke hotspot. Ciyusan deh :)
25
26
25. Untuk SSL Certificate, pilih None aja. Langsung aja Next
27
26. SMTP Server ? Gak ngerti kan? sama :) hehe .. udah langsung aja Next, itu tuh tidak berpengaruh kok sama hotspot nantinya
28
27. DNS Server otomatis ada karena kita telah melakukan setting tadi di Mikrotik Virtual Box. Langsung Next saja
29
28. Untuk DNS Name itu di kosongkan saja, pilih saja langsung next untuk melanjutkan proses setting . Kok Next mulu si? ya iya, soalnya kalo di cancel berarti membatalkan Setting heheh :D
30
29. Berikutnya, tentukan Username dan Password dari Hotspot yang ingin kita gunakan nanti. Disini penulis menggunakan username admin dan passwordnya kosong
31
30. Nah kalo sudah di setup, WinBox akan otomatis terputus . Akan seperti ini tampilannya, jadi jangan kaget ya ?? nanti panik lagi kayak penulis pertama kali install ini heheh
32
31. Jika sudah , close saja WinBoxnya . Ketik di Address Bar Ip eth1 yang sudah kita setting tadi yaitu 199.199.199.61 . Jika ada tampilan sebagai berikut berarti konfigurasi kita benar . SELAMAT
33
32. Coba login menggunakan username admin . Jika berhasil berarti benar tapi jika tidak bisa login berarti ada yang salah dengan setting yang kita lakukan nanti
34
33. Sebenarnya sudah selesai tugas kita, tapi disini saya akan mencoba mengganti tampilan Login dari
35
34. Setelah itu, copy semua file yang berada dalam file templates tersebut ke ftp://199.199.199.61
36
35. Berikutnya kita ke ftp IP , lalu login dengan username yang telah kita buat tadi.
37
36. Lalu buka folder hotspot, setlah itu replace semua file yang kita copy tadi ke dalam isi folder hotspot :)
38
37. Terkadang orang terjebak dengan tampilan ini, kalau kita tunggu akan menghabiskan waktu seharian jika kita tunggu. Jadi Minimize saja.
39
38. Nah disini pilih Yes to All  untuk mereplace semua file yang telah kita copy tadi .
40
39. Lalu buka Browser lagi, terus log off kemudian login lagi seperti gambar berikut.
41
40. Selanjutnya clear semua History yang ada di browser kemudian tutup lagi browser lalu buka kembali browsernya.
42
41. Ketikkan kembali IP eth1 nya , kemudian akan tampil tampilan login berikut . Tampilannya sesuai dengan templates yang kita download tadi. Kalo punya penulis, template loginnya jadi seperti dibawah ini :
43
42. Terakhir, kita coba login kembali . Jika bisa, maka konfigurasi kita telah berhasil dengan tampilan Hotspot seperti itu.
44
Cara setting mungkin sampai disini perjumpaan kita pada Cara Setting Mikrotik di Virtualbox Dengan Winbox dan besok penulis akan memberikan artikel atau postingan yang lebih dapat berguna untuk pembaca. Sekian dari penulis. Seo-rpl selaku penulis atau pengarang, mengucapkan terimakasih atas kunjungannya. Tetep kunjungi terus blog kami ya :D .
Salam Blogger.

Go Go Go →

Saturday, June 23, 2012

2
Jual Blog Murah PR3

 Saya jual blog saya ber PR3 nih, untuk anda yang mungkin ingin mengubah theme blog ini .. mungkin bisa akan saya edit lagi sesuai dengan keperluan anda .( kebetulan template ini saya edit sendiri )..

http://dantense.blogspot.com/

Dari berbagai pertimbangan yang telah saya putuskan  .. akhirnya saya akan menjual blog ini dengan harga

=> Rp.200.000,-

jika anda berminat silakan kontak saya di facebook 
atau sms saya => 08990313472 ( hanya sms )

sekian dari saya terimakasih


hormat saya


Muhamad Aris Firmansyah

Go Go Go →

Sunday, June 17, 2012

5
Variable

Variable merupakan komponen pentng pada pemrograman. Secara umum variable adalah suatu nama yang menyatakan tempat dalam memori komputer untuk menyimpan suatu nilai dan nilainya dapat dirubah sewaktu-waktu ketika program sedang di eksekusi. Variable dapat disebut juga sebagai suatu pengenal atau identifier yang di gunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu didalam proses program. Nilai dari suatu variable dapat berubah-ubah sesuai kebutuhan. Nama dari suatu variable dapat ditentukan sendiri oleh programer dengan aturan sebagai berikut :

-. Terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf

-. Tidak boleh mengandung spasi

-. Tidak boleh mengandung simbol-simbol khusus,kecuali garis bawah (underscore). Simbol boleh di gunakan antara lain : $,?,%,#,!,&,*,(,),-,+,=, dan lain-lain

-. Panjangnya bebas,tetapi hanya 31 karakter pertama yang terpakai


Contoh penamaan variable yang benar : NIM,A,B,nama_mhs,y20090,y7,nilai,yosef,dan lain-lain

contoh penamaan variable yang benar : %yos_sudarso, 12mahasiswa, rata-rata, awas!,nama_kamu?,dan lain-lain



Deklarasi Variable

Sebelum menggunakan variable dalam sebuah program,variable tersebut harus dideklarasikan terlebih dahulu. Pendeklarasian variable. Bentuk pendeklarasian variable dapat dilihat pada table di bawah ini :

Bentuk umum pendeklarasian suatu variable didalam bahasa pemrograman C++ adalah :

nama_tipe nama_variable;

Contoh pendeklarasian suatu variable ke dalam program C++ :

//Contoh pendeklarasian variable
#include <iostream.h>
using namespace std;
main(){
int x;            //Deklarasi variable x bertipe integer
float y;         //Deklarasi variable y bertipe float
x=1;            //Pemberian nilai awal x
y=8;            //Pemberian nilai awal y
cout<<"x = "<<x;    //pemanggilan variable x
cout<<"\n";        //Ganti Baris
cout<<"y = "<<y;    //pemanggilan variable y
cout<<"\n";        //Ganti Baris
system("Pause")     //Intruksi untuk menghentikan eksekusi
return 0;        //Pernyataan untuk memberi kode keluar program
}

Go Go Go →

0
Tipe terstruktur

 Tipe terstruktur adalah tipe yang berbentuk record.Record di susun oleh satu atau lebih field.Field menyimpan data tipe dasar tertentu atau tipe data berbentuk yang lain yang sudah di definisikan sebelumnya.Nama record didefinisikan sendiri oleh pemrograman.

1.Array
  Array adalah tipe terstruktur yang mempunyai komponen dalam jumlah tetap dan setiap komponen mempunyai tipe data yang sama.Posisi masing-masing komponen dalam larik dinyatakan sebagai nomor index.

2.Record
  Dengan tipe data Record,dapat dikumpulkan beberapa item data yang masing-masing mempunyai tipe data yang berbeda-beda.Masing-masing item data disebut field.Record terdiri dari kumpulan field yang dapat mengadung berbeda tipe.

3.Set
  Tipe set merupakan suatau himpunan yang berisi nilai (anggota).Set dalam pemrograman sangat mirip dengan himpunan dalam ilmu matematik.

Go Go Go →

0
Tipe Sedehana

Tipe sederhana merupakan tipe data skalar,bahwa dalam sebuah peubah menyimpan sebua data yang nilainya suatu urutan tertentu.

1.Tipe Ordinal adalah sebuah subset tipe sederhana yang datanya terbentuk menurut urutan tertentu.Karater dari tipe ordinal yaitu merupakan himpunan berurutan (ordered set),fungsi standard ORD (ordinalitas),fingsi standard PRED (predecessor),fungsi standard SUCC (successor).

2.Tipe Integer adalah sebuah tipe data yang nilainya tidak memiliki titik desimal.Ada 5 tipe data yang termasuk dalam kelompok tipe integer yaitu short int,integer,long int,byte dan word.

3.Tipe Boolean
  Nama tipe Boolean di ambil dari nama seorang matematikawan dari inggris yang bernama George Boole.Tipe data Boolean hanya mengenal dah buah nilai yaitu benar (true) dan salah (false),atau dapat juga dinyatakan 1 jika memiliki nilai benar dan 0 jika memiliki nilai salah.

  Operasi yang dapat dilakukan terhadap tipe Boolean dikenal dengan operasi logika atau operasi boolean.Operasi logika menghasilkan nilai true atau false.Operator logika yang umum digunakan untuk operasi logika adalah Not,And,Or,dan Xor.
 
  Jika A dan B adalah peubah atau variable yang bertipe Boolean,maka hasil dari operasi A dan B dengan kedua tabel operator Boolea tersebut diberikan oleh masing-masing tabel sebagai berikut :

4.Tipe Character mendefinisikan data yang merupakan himpunan karakter.Data yang termasuk ke dalam karakter adalah semua hruf abjad,semua tanda baca,angka,dan karakter-karakter khusus seperti '&','@','%' dan lain-lain.Karakter kosong (null) adalah karakter yang panjangnya nol,dan diberi lambang" Nama tipe karakter biasanya di tulis dengan kata char.
  Untuk menuliskan sebuah konstanta bertipe char,karakter perlu di tulis didalam tanda petik tunggal.
 
5.Tipe Real adalah sebuah tipe data yang nilainya memiliki titik desimal.



Go Go Go →

0
Tipe String

String berarti sederetan karakter (character).Nilai data string akan menempati memori sebesar banyaknya karakter stringnya ditambah dengan 1 byte.Bila panjang dari suatu string d dalam deklarasi variabel tidak di sebutkan,maka di anggap panjangnya adalah 225 karakter.Konstanta string di tulis dengan awalan dan akhiran tanda petik ganda sebagai berikut:



Go Go Go →
 

Labels