Facebook Twitter
Gratis berlangganan artikel seo rpl via mail, join sekarang!

Thursday, October 6, 2016

0
Cara Optimasi SEO On Page

Apakah Agan ingin berbagi ?

Apakah Agan suka Artikel ini ?

Cara Optimasi SEO Onpage pada blog sebenarnya sangat mudah jika saudara sudah punya pengetahuannya. Berbeda dengan optimasi Offpage, biarpun anda sudah mempunyai pengetahuannya, tetap saja eksekusinya akan sulit dilakukan.

Apa itu optimasi SEO Onpage?
Optimasi SEO atau bisa disebut Search Engine Optimization onpage adalah suatu istilah dari SEO itu sendiri, yang mengacu kepada segala sesuatu yang saudara lakukan pada komponen-komponen sebuah halaman website. Tujuan utama dari optimasi ini adalah memperbaiki faktor SEO onpage agar mesin pencari mendapatkan penekanan kata kunci yang benar dari suatu halaman.

Kenapa optimasi ini harus dilakukan? Supaya mesin pencari tidak bingung saat tiba di halaman-halaman blog saudara. Untuk memudahkan saudara memahaminya kita umpamakan saja seperti ini: ada begitu banyak orang di dalam sebuah lapangan, saudara tidak akan bisa membedakan yang mana orang penting dan yang mana orang biasa jika mereka memakai seragam kan? Nah, oleh karena itu dikembangkan sistem atribut. Siapa yang mengenakan atribut jabatan tertinggi, maka dialah yang terpenting....

Sistem atribut inilah yang dipakai oleh Google untuk menentukan, apa saja penekanan dari sebuah halaman web.... Mungkin sekarang teman-teman bertanya apa saja atribut seo onpage itu?


Atribut Dalam Optimasi SEO Onpage
Perhatikan....berikut ini adalah atribut optimasi onpage yang umumnya digunakan:
  • Title tag
  • Meta Description
  • URL
  • Judul Halaman <h1>
  • Judul Artikel <h2>
  • Sub Judul Dalam Artikel <h3>
  • Cetak tebal/miring <b> atau <i>
  • Jika ada gambar, maka harus ada atribut alt
Sekarang pahami ini. Jika suatu kata tidak mengenakan satupun atribut di atas, maka kata itu tidak penting. Jika suatu kata mengenakan 1-3 atribut di atas, maka kata itu pastilah penting. Jika suatu kata muncul dalam semua atribut di atas, maka sudah pasti kata itulah yang paling penting di halaman itu.... Ibaratnya di lapangan upacara orang ini adalah jenderal besar dengan begitu banyak pangkat melekat di bajunya...

Jadi saya akan coba membahas masalah onpage ini untuk kedua bagian di atas. Sebelum kita mulai silahkan buka halaman web yang akan saudara nilai onpagenya.... Kalau sudah terbuka, tekan CTRL+U untuk membuka kode sumber dari halaman web tersebut....


POIN SEO ONPAGE TERTINGGI <head> ADA DI TITLE TAG
Ini hanya ada di bagian <head>, dan kodenya adalah.... <title>Isi dari title tag</title>

Yang terpenting adalah apa saja yang bisa saudara isikan pada title tag ini. Harap hati-hati dalam mengisi title tag, karena banyak praktisi SEO yang menganggap bahwa title tag adalah atribut onpage yang terpenting. Ibaratnya atribut kerajaan, maka ini adalah mahkotanya....

Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu saudara ketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi.... Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah:
  • JUDUL ARTIKEL saja, atau
  • JUDUL ARTIKEL - NAMA BLOG....
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL.... Kecuali blog saudara sudah punya reputasi selangit, mau bagaimana saja terserah.

META DESCRIPTION
Ini adalah satu-satunya meta yang menjadi fokus saya (meta robots hanya pada kasus duplikat konten saja). Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
  • Panjangnya maksimal 150 karakter.
  • Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali
  • Tentu saja mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal....
Kalau saudara bingung masalah title tag dan meta description, dalam penerapannya di blogspot. Pemegang poin tertinggi di <head> jadi jangan lewatkan optimasi onpage yang satu ini.

URL
URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel. Sebagai contohnya adalah seperti di bawah ini:
http://www.justicia.com/buku/komik/onepiece-episode-56.html

Jadi setiap bagian dengan jelas berisikan kata kunci yang jelas. Sayangnya masih banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL yang tidak jelas seperti di bawah ini.... http://www.contoh.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988

URL seperti di atas tidak mengandung keywords, dan benar-benar menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage.

POIN TINGGI OPTIMASI ONPAGE PADA <body> ADA DI JUDUL HALAMAN <h1>
Judul halaman sudah barang tentu diupayakan mengandung kata kunci yang saudara targetkan, karena bagaimana pun <h1> haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman.
Poin dari <h1> sangat besar di dalam teknik onpage halaman web.



JUDUL ARTIKEL <h2>
Judul artikel kita beri tag h2. Pernah ada yang bertanya apakah nilai onpage tidak berlebih jika judul artikel sama dengan judul halaman? Tentu tidak, karena judul halaman itu h1, dan judul artikel itu h2. Jadi walaupun isinya sama, tapi untuk setiap heading pemunculannya hanya sekali, lagipula selama ini dalam aplikasinya sama sekali tidak ada masalah.


SUB JUDUL DALAM ARTIKEL <h3>
Ini  bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam pembahasan untuk menegaskan relevansi dari pembahasan saudara.
CETAK TEBAL/MIRING
Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi onpage. Tapi tidak perlu semuanya, cukup pemunculan yang pertama saja yang dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca dari halaman tersebut.
ALT TAG
Berhubung Google dkk belum bisa mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik onpage, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
Pelengkap Optimasi SEO Onpage
Kalau semua optimasi SEO onpage di atas sudah anda lakukan, maka ada beberapa tambahan lagi yang perlu saudara perhitungkan....
  • Pastikan konten saudara unik
  • Pastikan juga ada link menuju label
  • Tentunya harus ada link menuju beranda dari blog
  • Ada artikel terkait (related post) berdasarkan label yang bisa dibaca oleh mesin pencari.

Para pengunjung mungkin tidak menemukan produk / layanan yang dia cari. Namun ketika di muter-muter membaca konten lain yang terdapat di dalam blog kita, siapa tahu dia menemukan informasi lain yang bisa jadi dia butuhkan.
Ingat, kata kuncinya adalah “INFORMASI”.
Sehingga perlahan namun pasti, di dalam dirinya akan tumbuh rasa percaya bahwa website kita layak untuk dijadikan rujukan / referensi perihal produk atau layanan yang sedang di cari.
Begitu juga bagi search engine.
Blog merupakan salah satu unsur yang penting supaya website kita memenuhi tujuannya. Jika konten senantiasa kita update, mereka para bot search engine ini akan semakin suka.
Soal bagaimana cara membuat blog, kalau kita menggunakan website WordPress tentunya hal ini akan sangat mudah, ngga perlu pusing-pusing lagi gimana caranya bikin fitur blog. Karena sebagai CMS, WordPress sudah menyediakan fasilitas ini.
Persoalannya sekarang, bagaimanakah kita membuat blog yang disukai oleh mesin pencari?
Cara SEO Website Menggunakan Blog
cara seo website, cara seo blog

Silahkan anda pelajari tentang pembahasan 6 langkah ptimasi seo dibawah ini :
1. Tentukan tema atau topik blog – sebelum blog kita buat, tentukanlah topik utama yang akan kita usung, karena nantinya akan menjadi judul blog yang kemudian dijabarkan menjadi deskripsi blog. Tentunya topik ini juga relevan dengan website kita secara keseluruhan.
2. Riset kata kunci / keyword (KW) – lakukanlah ini dahulu ketika hendak menulis blog, kemudian ada baiknya jangan terlalu ingin mengejar keyword yang potensi trafiknya besar. Mulailah dari yang potensinya kecil, yang penting kita harus memahami prinsip kerjanya. Kalau sudah bisa muncul di hasil pencarian dengan keyword yang ringan, barulah kita tingkatkan dengan menggunakan keyword yang persaingannya berat. Prinsipnya, yang penting bisa muncul di hasil pencarian dulu, pakai keyword yang ringan tidak masalah.
3. Posting yang relevan – dan buatlah konten yang berkualitas. Bikin konten yang unik dan bermanfaat, tapi jangan keluar dari topik utama blog. Lalu buat link antar halaman, jadi antar halaman saling mempromosikan. Kalau banyak halaman yang dibaca pengunjung maka blog dianggap berkualitas.
4. Persiapkan SEO ONPAGE – contohnya seperti mengoptimalkan penggunaan kata kunci di bagian Meta Title, Meta Deskripsi, dst, sesuai hasil analisa keyword.
5. Indexing – sambil menunggu postingan Anda masuk di Google, Anda bisa share ke social media supaya postingan tersebut lebih cepat terindex oleh Google.
6. Lakukan SEO OFFPAGE – contohnya bisa menggunakan pola backlink commenting, backlink wheel / piramida, submit ke social bookmark, dst.

Nah, setelah Anda membaca ulasan di atas, kini semua kembali pada Anda. Jika Anda ingin belajar sendiri, Anda bisa belajar menerapkan langkah - langkah SEO di atas dengan baik. Semoga bisa berhasil  dalam peng optimasi seo yang akan anda pelajari.
Mulailah dengan membuat postingan yang relevan dan sering-sering berlatih meriset keyword. Karena ini memang penting untuk dilakukan.

Baiklah, semoga tips langkah-langkah Cara Optimasi SEO On Page dapat berguna buat saudara. Mungkin itu saja dulu. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu saudara dalam membangun website atau blog yang memiliki SEO onpage yang baik.


Related Post:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari SEO RPL di inbox anda:

0 comments:

Post a Comment

 

Labels